Warning!

Khusus untuk ibawel. Bagi yang belum cukup bawel, sok muna, alim atau tidak suka ngebawel, jangan protes, silahkan tutup halaman ini sekarang juga. Tetapi bagi kamu yang gemar duduk-duduk menghabiskan waktu untuk melihat dunia yang bawel bawel, silahkan dilanjuti...
  1. Kepada Pengunjung Setia
    Mulai tgl 5 Feb 2013 iBawel telah kembali mengudara, yang mana sempat tutup sejak 6 Oct 2012 dikarenakan server overloaded. Terima kasih atas dukungannya apakah itu dari segi materi atau dengan kata-kata yang membuat kita-kita [ds] crew tetap semangat untuk membangun komunitas ini ke areah yang lebih baik. Enjoy folks!

Politik Keputusan MK : Anak Luar Nikah Tanggung Jawab AYAH BIOLOGIS

Diskusi di 'Hot News' dimulai oleh R_j, 27 February 2012.

  1. Offline

    R_j iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.662
    Likes Yg Diperoleh:
    2.107
    Jakarta Menkum HAM Amir Syamsuddin sependapat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang status anak di luar nikah. Ia berpendapat putusan MK bijaksana.

    "Saya anggap itu suatu putusan yang sangat bijaksana," kata Amir Syamsuddin usai acara pembukaan rapat kerja Pemasyarakatan 2012 di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2012).

    Menurut dia, putusan MA sangat baik untuk diterapkan agar status anak-anak ini menjadi jelas dan perlindungan hukumnya terjamin.

    "Sehingga tidak ada orang yang dengan mudahnya mengingkari kewajibannya kepada anaknya, terutama mereka yang masih berada di bawah umur," ujar Amir.

    MK membuat keputusan revolusioner pada Jumat 12 Februari 2012. MK menyatakan pasal 43 ayat (1) UU No 1/1974 tentang Perkawinan diubah dan menjadi "anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengan laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya".

    Dengan putusan ini, maka anak hasil nikah siri atau pun di luar nikah berhak mendapatkan hak-haknya dari sang ayah seperti biaya hidup, akte lahir hingga warisan.

    (aan/nrl)

    sumber ; news.detik
    denmas ion likes this.
  2. Offline

    atoen iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.022
    Likes Yg Diperoleh:
    1.706
    hmmmm;
    mengembalikan apa yang sudah menjadi haknya; mereka " anak2 yang katanya diluar nikah" tidak "meminta" dilahirkan- mereka lahir karena suatu sebab akibat maka berikanlah merke haknya;
  3. Offline

    mbeek iEnthusiast

    Member Sejak:
    13 November 2011
    Jumlah Pesan:
    561
    Likes Yg Diperoleh:
    219
    tp satu hal yang tetep gak bisa..
    harta warisan yang berasal dari gono gini ayah..
    harta bawaan ayah sebelum menikah ma istri sah aja yang bisa di dapat kan...
  4. Offline

    atoen iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.022
    Likes Yg Diperoleh:
    1.706
    mungkin istilahnya bukan belum nikah tapi sebelum apa yach; lha jeas anak lahir diluar nikah" maslah harta gono gini dan warisan mungkin ada aturan lain" selain hukum adat dan agama" sebab yang jelas secara hukum negara diakui sekarang cuma prosentasenya berapa? misal X punya anak diluar nikah X1; akan tetapi X punya anak dengan Y (istri resmi ) X2; X3; bagi harta warisannya gmn?
  5. Offline

    Rumi iEnthusiast

    Member Sejak:
    3 November 2011
    Jumlah Pesan:
    719
    Likes Yg Diperoleh:
    194
    Kalo berdasarkan hukum waris agama Islam sih, kalo dia anak dalam pernikahan (walaupun siri), hak warisnya sama dengan anak2 dari istri pertama. Kecuali kalau anak di luar nikah yaaaa.... Berarti si anak adalah anak dari ibunya dan tidak memiliki hak waris atas harta dari ayahnya.
  6. Offline

    si_entong iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    3.455
    Likes Yg Diperoleh:
    1.000
    Kita lahir ke dunia ini tidak dapat memilih siapa orang tua kita, keputusan mk sangat tepat biar tidak sembarangan crot dan harus bertanggung jawab.
    atoen likes this.
  7. Offline

    mbeek iEnthusiast

    Member Sejak:
    13 November 2011
    Jumlah Pesan:
    561
    Likes Yg Diperoleh:
    219
    di hukum islam ada syarat juga suami untuk menikah siri lagi..
    yaitu restu/ijin istri pertama yang sah..
    ato pun karena istri sakit/mandul itu pun tetep melalui perijinan istri pertama..
    jika tidak pernikahan dianggap tidak bisa/haram.. :D

    CMIIW
  8. Offline

    mbeek iEnthusiast

    Member Sejak:
    13 November 2011
    Jumlah Pesan:
    561
    Likes Yg Diperoleh:
    219
    klo ente tanya rumusan waris secara negara/islam rumit bang..
    itu pun klo masi asli,, lom di tambah anak luar nikah..
    tp yang jelas harta bersama X dan Y cuma bsia jatuh ke anak X2 X3..

    *klo salah maap,, maklum pas kuliah nilai hukum waris cuma C :p
  9. Offline

    atoen iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.022
    Likes Yg Diperoleh:
    1.706
    minimal apa yang di kata om netong sudah diakomodir; secara walau harta mungin memang semua butuh tapi harta bisa dicari
  10. Offline

    Rumi iEnthusiast

    Member Sejak:
    3 November 2011
    Jumlah Pesan:
    719
    Likes Yg Diperoleh:
    194
    Kalau secara agama yaaaa.... ijin itu sebenernya tidak diperlukan, tetapi memang suami harus memberitahukan pada istri pertama. Masalah ijin itu ditulis dalam hukum agama yg ada di dalam hukum negara.
    Selama syarat sah dan rukun nikah dipenuhi, maka pernikahan itu sendiri sah di mata agama dan anak yg dilahirkan dalam pernikahan tersebut memiliki hak waris sesuai dengan hukum Islam. 2/3 bagian untuk laki-laki dan 1/3 bagian untuk perempuan.
    CMIIW.
  11. Offline

    bogrex iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    1.820
    Likes Yg Diperoleh:
    720
    lha kalo si ayah nggak mengakui ntuh bukananakny gimana,bahkan ngotot bukan hasil ayah crot trus gimana???
  12. Offline

    si_entong iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    3.455
    Likes Yg Diperoleh:
    1.000
    Test dna dong, makanya bro jangan crot sembarangan :D
  13. Offline

    R_j iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.662
    Likes Yg Diperoleh:
    2.107
    kalo masalah harta gono gini...... sepertinya harta orang tuanya di bagi dulu dengan yang sah ...... yaitu antara suami istri yang terikat akta nikah...... kan ada hak suami dan hak istri, nah yang hak suami baru di bagi pada ahli warisnya, termasuk anak yang diluar akta nikahnya, sedangkan harta dari istri sah ga bisa di tuntut oleh anak yang berasal dari istri diluar nikah....... sebab bagaimanapun juga istri yang punya surat nikah punya nilai lebih di banding istri yang cuma nikah siri atau di bawah tangan, atau cuma sebagai gundik (TTM) yang cuma kumpul kebo tanpa surat apa2 (toh anak hasil kumpul kebo tetap anak biologis si pria dan punya hak atas harta si pria tersebut)

    dimana2 emang masalah harta yang membuat repot, bayangkan kalo si pria ga punya harta....... apa masih repot2 ngurus segala pengakuan anak???.... dan karena masalah harta inilah wanita umumnya ga mau kalo suaminya kawin lagi, karena takut berbagi harta suaminya ......... (bukan berbagi "botol" suaminya.... wakakakak)

    intinya, memang wanita itu materialistis...... walau umumnya wanita enggan mengakui kalo dia materialistis
  14. Offline

    denmas ion iAddict

    Member Sejak:
    5 January 2012
    Jumlah Pesan:
    3.224
    Likes Yg Diperoleh:
    2.551
    mendingan anteng aja dirumah deh ama bini yang syah secara hukum dan agama.... :D
    jadi mikir 2x untuk melakukan nikah sirih klo urusannya seribet ini=))
  15. Offline

    R_j iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.662
    Likes Yg Diperoleh:
    2.107
    bukan cuma nikah siri kok..... ML sama WP trus WP-nya hamil, dan anak hasil kehamilan itu di tes DNA ternyata sama dengan yang make WP maka si anak bisa menuntut biaya sama yang make WP tersebut.......

    intinya...... asal bisa di buktikan secara teknologi yang valid bahwa si A adalah bapak biologisnya maka si anak langsung punya hak, walaupun si anak hasil "cinta satu malam yang di bayar"....... so beware deh buat yang suka main cewek, ingat wanita punya 1001 cara untuk mendapatkan keinginannya
    denmas ion likes this.
  16. Offline

    denmas ion iAddict

    Member Sejak:
    5 January 2012
    Jumlah Pesan:
    3.224
    Likes Yg Diperoleh:
    2.551
    ingat wanita punya 1001 cara untuk mendapatkan keinginannya.... dan pria punya 2001 cara untuk mengelaknya:D
  17. Offline

    R_j iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.662
    Likes Yg Diperoleh:
    2.107
    gimana mo ngelak....... wong udah ada keputusan dari MK ...... , harus uji materil lagi dong......

    yang di putuskan adalah bapak biologis, bapak biologis itu ga perlu segala macam surat2...... karena asal pembuahan berasal dari sperma si bapak maka langsung jadi bapak biologis.......mungkin si bapak mau mengelak, dengan alasan si wanita WP, tapi hukum kan ga mengecualikan anak dari WP ...... ingat anak dari WP pun punya bapak biologis kan???

    yang jelas dimana2 wanita bisanya lebih licik di bading pria........
  18. Offline

    denmas ion iAddict

    Member Sejak:
    5 January 2012
    Jumlah Pesan:
    3.224
    Likes Yg Diperoleh:
    2.551
    iya sih jadi bener kata sist 1001 cara wanita untuk mendapatkan keingginannya apalagi ditambah dengan keputusan MK sekarang makin menjadi2 aja tuh para wanita mendapatkan keingginannya
  19. Offline

    R_j iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.662
    Likes Yg Diperoleh:
    2.107
    karena itu pria harus makin waspada........ jangan cuma pingin "crot", ingat sekarang asal crot ada resiko.....
  20. Offline

    denmas ion iAddict

    Member Sejak:
    5 January 2012
    Jumlah Pesan:
    3.224
    Likes Yg Diperoleh:
    2.551
    kabuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrr..................................:p
    ke asalnya aja deh, biar ga ada resikonya mau " crot " 100x bebas:D

Share This Page