Warning!

Khusus untuk ibawel. Bagi yang belum cukup bawel, sok muna, alim atau tidak suka ngebawel, jangan protes, silahkan tutup halaman ini sekarang juga. Tetapi bagi kamu yang gemar duduk-duduk menghabiskan waktu untuk melihat dunia yang bawel bawel, silahkan dilanjuti...
  1. Kepada Pengunjung Setia
    Mulai tgl 5 Feb 2013 iBawel telah kembali mengudara, yang mana sempat tutup sejak 6 Oct 2012 dikarenakan server overloaded. Terima kasih atas dukungannya apakah itu dari segi materi atau dengan kata-kata yang membuat kita-kita [ds] crew tetap semangat untuk membangun komunitas ini ke areah yang lebih baik. Enjoy folks!

Sejarah Borneo Dan Isi Perjanjian Tumbang Anoi

Diskusi di 'Did you know?' dimulai oleh zoldyek, 27 April 2012.

  1. Offline

    RastaXXX iEnthusiast

    Member Sejak:
    5 January 2012
    Jumlah Pesan:
    428
    Likes Yg Diperoleh:
    238
    ayp likes this.
  2. Offline

    anangkulalil iMania

    Member Sejak:
    25 November 2011
    Jumlah Pesan:
    945
    Likes Yg Diperoleh:
    960
    itu nama Kalimantan Om....=))...... setelah bergabung ama Indonesia
    yang ini Borneo.....lebih tua dari indonesia...hehehehe

    sedikit tambahan
    pada masa kerajaan majapahit 1293-1500 M, Borneo termasuk dalam wilayah Nusantara. yaitu Nusantara III.
    namun kerajaan Kutai Kartanegara masih Berdiri.

    pada masa presiden Soekarno....Kalimantan, tepatnya Palangkaraya akan dijadikan ibukota negara Indonesia.
    Wacana pemindahan Ibukota atau pusat pemerintahan berkembang di setiap masa pemerintahan. sampai terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, wacana ini terus berkembang tanpa pernah direalisasikan.
    ayp and zoldyek like this.
  3. Offline

    buluputih iAddict

    Member Sejak:
    14 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.099
    Likes Yg Diperoleh:
    902
    menarik isinya...terlebih dibuat oleh bro zoldyek yg (keliatannya) bukan dr kalimantan.
    yg pasti sedikit revisi untuk tumbang inti dari Perjanjian Tumbang Anoi itu sendiri adalah perjanjian ujub perdamaian,bukan hanya untuk mempersatukan.terlebih dalam hal perang sesama sub suku Dayak.
    dan sedikit hal lain yg perlu d luruskan adalah setauku sampai sekarang tetap agama Katolik dan Protestan yang lebih dominan di Kalimantan Barat.karena logikanya adalah dr jumlah suku Dayak yang mayoritas di sana.
    kenapa aku bisa mengatakan seperti ini?

    1.tahun 1999/2000 yg lalu,DAD (Dewan Adat Dayak) dan MADN (Majelis Adat Dayak Nasional) Kalbar melakukan protes dan memberikan sangsi adat kepada kepala Badan Statistik Daerah Kalbar dan Nasional atas hasil data statistik yang mengatakan bahwa orang Dayak masuk dalam daftar ke 4 setelah suku pendatang.padaha secara jelas suku Dayak di Kalbar adalah mayoritas.Ini diperkuat dr pengumpulan data yang ternyata hanya dilakukan oleh Badan Statistik yang hanya dilakukan di ibu kota kabupaten dan kotamadya di kalimantan barat,tanpa melakukan pengumpulan data di tingkat yg lebih kecil.sedangkan data d ibu kota tersebut,hanya d kumpulkan dr daerah sekitar ibu kota kabupaten/kodya tersebut.karea tidak bisa d pungkiri bahwa masyarakat Dayak lebih memilih tinggal di daerah ketimbang di kota dengan alasan lebih dekat dengan alam dan tanah leluhur mereka selama ini.

    2.untuk masalah agama,bukan aku bermaksud membedakan dengan daerah lain ato teman2 dari agama lain.
    tapi ini dilihat dari kenyataan yang ada di masyarakat kalimantan barat.berbeda dengan provinsi lain di kalimantan,ketika seorang Dayak memeluk agama Islam,dia tetap akan mengakui bahwa dirinya Dayak,namun beragama Islam.hal ini tidak berlaku di Kalbar...karena ketika seorang Dayak memeluk agama Islam,maka dia akan 'mentahbis' kan dirinya sebagai orang Melayu.dan otomatis,data di KTP dan lain2 akan mengatakan bahwa dia sah menjadi Melayu.itulah fenomena yang terjadi di Kalbar sebenarnya.cukup aneh,namun semuanya terjadi.sehingga berdasarkan paparan nmr 1 yg mengatakan bahwa suku Dayak sebagai mayoritas,otomatis agama yg menjadi mayoritas adalah agama Katolik dan Protestan.

    tapi sekali lagi,aku tidak bermaksud melakukan pelecehan atau apapun itu namanya.
    tapi ini hanya adalah dari sudut pandang penduduk asli kalimantan khususnya Kalbar.
    mungkin di data statistik yg ada selama ini masih terjadi kesalahan.
    namun untuk membuktikannya,teman2 bisa melakukan penelitian disana(yang sudah pernah aku lakukan dengan salah satu NGO internasional disana).

    semoga tambahannya bisa d mengerti dan dipahami...
    ayp and zoldyek like this.
  4. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    ayp likes this.
  5. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    :-bd saya setuju nih kalo semisal ibu kota negara dipindah di palangkaraya, dikarenakan kalimantan adalah salah satu paru-paru dunia, jadi semisal (semoga g terjadi) kalau ada perang dunia lagi, negara lain jadi pada mikir kalo mau membombardir indonesia.
    nb : semua pada tahu kan efeknya kalo hutan kalimantan rata dengan tanah?~o)
    nightmare,,,:-$
    ayp and anangkulalil like this.
  6. Offline

    ayp iMania

    Member Sejak:
    22 April 2012
    Jumlah Pesan:
    332
    Likes Yg Diperoleh:
    555
    Google itu sapa bro? Udh jd member ibawel belon? Ane mau follow neeh, keknya hebat banget tuh orang =))
    djawarasakti and zoldyek like this.
  7. Offline

    zian iEnthusiast

    Member Sejak:
    2 March 2012
    Jumlah Pesan:
    107
    Likes Yg Diperoleh:
    183
    ulun yang orang banjar haja hanyar ngerti sejarahnya nah, di sakulah bahari kadada di ajari pang :D
    terima kasih tentang info nya om zoldyek
    zoldyek likes this.
  8. Offline

    si_entong iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    3.455
    Likes Yg Diperoleh:
    1.000
    Bukannya kalau dijadikan ibukota, pembangunan meningkat dan migrasi meningkat, efeknya pembabatan hutan dan nanti akan seperti jkt sekarang.
  9. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    kan mau ditaruh di palangkaraya tong... udah daerah kotanya...
    lagian kan g boleh sembarangan pembabatan hutan...
  10. Offline

    si_entong iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    3.455
    Likes Yg Diperoleh:
    1.000
    Kalau migrasi besar-besaran gak mungkin bisa menghalangi kebutuhan lahan, pasti merembet ke daerah pinggiran sekitarnya.
  11. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    kan yg dipindah cuman istana negara tong...:-"

    jadi keingaet pantun "kejamnya ibu tiri tak sekejam ibu kota...."=))
  12. Offline

    djawarasakti iAddict

    Member Sejak:
    16 January 2012
    Jumlah Pesan:
    2.114
    Likes Yg Diperoleh:
    1.737
    good info... memang masalah sejarah kadang2 kabur, tapi pelajaran sejarah kali ini sangat memuaskan curiosity ane. manstaf!
    zoldyek likes this.
  13. Offline

    buluputih iAddict

    Member Sejak:
    14 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.099
    Likes Yg Diperoleh:
    902
    Bener kata bro si_entong...secara ga serta merta pemindahan ibukota ke Palangkaraya bakal memcahkan masalah.justru memunculkan masalah baru.logikanya,ga mungkin ibu kota negara yg pindah cuma istananya aja.tapi kantor kementrian dll ga pindah.dan justru sisi negatifnya lebih banyak ketimbang positifnya.

    Kecuali pemerintah kita akan membuat ketegasan kalau yg pindah cuma kota pemerintahan negara.sama kayak Malaysia.dr KL sebagai ibu kota negara yg kemudian udah makin padat,dipindahkan ke Putrajaya,untuk kota pusat pemerintahan negara.tapi yg jadi masalahnya,kota itu d bangun di bekas tambang emas yang kemudian di sulap menjadi kota pusat pemerintahan.jadinya ga terlalu banyak 'menghabiskan' hutan.malah hutan kit yg d rusak2 mereka...
    zoldyek likes this.
  14. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    setelah ane pikir2 betul juga kata si_entong dan om buluputih ...
    g hanya hutan yg bakal rusak tapi makluk hutan juga bakalan terpinggirkan dan bisa2 punah...
    :-$
  15. Offline

    anangkulalil iMania

    Member Sejak:
    25 November 2011
    Jumlah Pesan:
    945
    Likes Yg Diperoleh:
    960
    bro si_entong, Om buluputih and zoldyek
    ini ada sedikit data :
    Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km²
    Palangkaraya memiliki luas wilayah 2.678,51 km².....Luas Palangkaraya setara 3,6 x luas Jakarta.
    itu baru luas palangkaraya....klo Kalimantan Tengah memiliki luas 157.983 km²....

    seandainya seluruh bangunan di Jakarta di pindah ke Palangkaraya....dan bangunan yang ada sekarang di palangkaraya seluas Jakarta....masih ada 1,6 bagian yang tersisa
    belon sampai membabat hutan....
    itu klo pemerintah mau menjadikan Palangkaraya sebagai Ibukota Pemerintahan atau Ibukota Negara...

    kalau cuma hanya iming2 doang gada realisasinya.....trus Palangkaraya bikin Negara sendiri...
    so pasti anang jd warga Negara Kalimantan.....bukan WNI lg wkwkwkwkwkwkwk
    zoldyek and Zerox like this.
  16. Offline

    Zerox iAddict

    Member Sejak:
    23 February 2012
    Jumlah Pesan:
    2.371
    Likes Yg Diperoleh:
    3.296
    ikam baik2 haja kalo ?
    ikam sigar haja kalo ? jangan maulah aku hara ... hahahaha
    aku tatap ja sayang banar wan NKRI .. wkwkwk
    mau mbelot pula si om... kudeta =))=))
    anangkulalil and zoldyek like this.
  17. Offline

    si_entong iAddict

    Member Sejak:
    1 November 2011
    Jumlah Pesan:
    3.455
    Likes Yg Diperoleh:
    1.000
    anangkulalil ini bukan masalah pemindahannya tapi masalah efek lingkungan yg akan terjadi bila ibukota yg dipindahkan kecuali jika ada peraturan yg ketat untuk penataan ibu kota agar tidak seperti jakarta sekarang ini.
    anangkulalil likes this.
  18. Offline

    zoldyek iAddict

    Member Sejak:
    8 November 2011
    Jumlah Pesan:
    2.849
    Likes Yg Diperoleh:
    1.907
    bukan jika ada tong... tapi harus wajib ada...:cool:
  19. Offline

    anangkulalil iMania

    Member Sejak:
    25 November 2011
    Jumlah Pesan:
    945
    Likes Yg Diperoleh:
    960
    enggeh ulun baik2 haja....
    enggeh ulun sigar haja....sama ae jua ulun sayang banar wan pian...:D....hahahaha maho jadinya
    bukannya anang yang mau membelot om@Zerox....anang cman mo ikut aja wkwkwkwkwkwk

    andai2.....
    Bro @zerok dijanjikan ama si_entong seorang cewe ABG.....tp udah sekian tahun kg pernah nongol ntu cewe...
    jangankan batang hidungnya...penampakannya aja Om entong tidak pernah kasih. ..hanya janji dan janji
    bukan tidak mungkin...klo bro zerok horny berat...akan mencari sendiri cewe ABGnya...hehehehe
    begitulah kira2 gambaran Palangkaraya.

    si_entong yang ganteng....
    khan udah dijelasin di atas bro...klo palangkaraya itu luas banget....ga bakalan merusak kelestarian hutan dan ekosistemnya....lingkungan tetep terjaga...meskipun akan dibangun banyak bangunan, sebanyak bangunan di Jakarta.....
    bakalan banyak order nih...pemasangan tiang pancang di palangkaraya :D

    sorry ya Om entong.....
    biarpun ada peraturan ketat sekalipun tentang tata kota....
    Jakarta ga bakalan bebas BANJIR.....40% wilayah Jakarta berada dibawah Permukaan Laut.
    Jakarta bebas MACET.....anang rasa hanya mimpi.....pertumbuhan kendaraan bermotor tidak sebanding dengan pembangunan Jalan....

    klo ada yang ngomong dalam 3 tahun Jakarta akan bebas banjir dan macet......itu menghayal
    zoldyek and Zerox like this.
  20. Offline

    Zerox iAddict

    Member Sejak:
    23 February 2012
    Jumlah Pesan:
    2.371
    Likes Yg Diperoleh:
    3.296
    Kemungkinan suatu saat Ibukota pindah ada bro anangkulalil ... yaitu saat Jakarta dah terendam 50% ... itu pun masih mungkin .. :p

    Logika ajalah, apa mau meninggalkan sarang emas di negeri sendiri? pulang kampung naik bus bisa :rolleyes: ... lhah coba pindah ke Kalimantan :D

    Kata Om_Jinn ... ngimpi! :))
    zoldyek likes this.

Share This Page